Aturan Penulisan

Jurnal Oftalmologi merupakan suatu publikasi ilmiah di bidang Ilmu Kesehatan Mata yang terbit setiap empat bulan dengan menggunakan sistem peer review untuk seleksi artikel. Jurnal oftalmologi menerima artikel penelitian asli untuk dokter mata, perawat mata serta penunjang medis dibidang Ilmu Kesehatan Mata lainnya.

Artikel Penelitian
Format artikel penelitian terdiri dari judul dan abstrak (Indonesia atau Inggris), pendahuluan, metode, hasil, pembahasan, dan daftar pustaka.

Laporan Kasus
Artikel berupa laporan kasus dibidang ilmu kesehatan mata dapat diterima. Format untuk laporan kasus adalah judul, abstrak (Indonesia atau Inggris), pendahuluan, kasus, pembahasan, dan daftar pustaka.

Petunjuk Penyerahan Naskah
Untuk dapat memasukkan artikel, penulis diharapkan menghubungi tim redaksi jurnal oftalmologi melalui website www.jurnaloftalmologi.org.

Agar tidak terjadi duplikasi, Jurnal Oftalmologi tidak menerima artikel yang sudah dipublikasikan atau sedang dalam proses pengajuan ke jurnal lain, dengan menandatangani surat pernyataan. Bila diketahui artikel telah dimuat pada jurnal lain, maka pada Jurnal Oftalmologi edisi selanjutnya artikel akan dianulir. Artikel akan dibahas oleh para ahli sesuai bidang keilmuan yang sesuai (peer review) dan dewan redaksi. Artikel yang perlu perbaikan akan dikembalikan kepada penulis. Artikel penelitian harus memperoleh persetujuan komite etik.

Penulisan Artikel
Artikel diketik dengan 1.5 spasi pada kertas A4, dengan jarak dari tepi kiri dan atas 4 cm serta tepi kanan dan bawah 3 cm. Jumlah halaman maksimal 10 lembar, jenis huruf Times New Roman ukuran 11. Setiap halaman diberi nomor secara berurutan dimulai dari halaman judul sampai halaman terakhir.

Judul dan Abstrak
Pada halaman pertama berisi judul artikel, nama penulis, lembaga afiliasi penulis dan abstrak. Judul artikel singkat dan jelas berisi maksimal 14 kata atau 200 karakter dan judul Inggris maksimal 140 karakter. Abstrak dan Kata Kunci Abstrak untuk setiap artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris. Bentuk abstrak tidak terstruktur dengan jumlah maksimal 200 kata untuk bahasa Indonesia dan 250 kata untuk bahasa Inggris. Abstrak ditulis ringkas dan jelas sesuai dengan format introduction, objective, methods, results and discussion. Pilih 3–5 buah kata kunci yang dapat membantu penyusunan indeks dan urutannya berdasarkan abjad.

Tabel dan Gambar
Tabel disusun berurutan, setiap tabel harus diberi judul singkat. Penjelasan dan singkatan diletakkan pada keterangan tabel. Jumlah tabel maksimal 4 buah dan tabel yang akan diunggah ke dalam sistem dikonversikan dalam format gambar (.jpg, .jpeg, .png atau .bmp). Foto orang yang mungkin dapat dikenali harus disertai izin tertulis.. Foto/gambar harus diberi nomor urut sesuai dengan pemunculan dalam teks. Jumlah foto/gambar maksimal 4 buah dan gambar yang akan diunggah ke dalam sistem dikonversikan dalam format gambar (.jpg, .jpeg, .png atau .bmp)

Metode Statistik
Metode statistik dijelaskan secara rinci pada bab metode.

Ucapan Terima Kasih
Bila diperlukan ucapan terima kasih dapat diberikan kepada kontributor penelitian tanpa menuliskan gelar.

Daftar Pustaka
Rujukan ditulis sesuai aturan penulisan Vancouver, diberi nomor urut sesuai dengan pemunculan dalam artikel. Nama penulis dicantumkan maksimal 6 orang, apabila lebih, tulis nama 6 orang pertama, selanjutnya dkk. Jumlah rujukan minimal 5 buah yang merupakan terbitan 10 tahun terakhir.

Redaksi Jurnal Oftalmologi
Pusat Mata Nasional, RS Mata Cicendo Bandung
Jl. Cicendo no 4 Bandung 40117 Telepon/Fax. 022-4210883
E-mail: jurnaloftalmologi@gmail.com website: www.jurnaloftalmologi.org